Laman

Tuesday, January 17, 2012

JKT48, Sister Group AKB48 resmi di Indonesia

Sekilas tentang AKB48
Para pecinta idol dan J-Pop di Indonesia pasti sudah kenal nama AKB48. Pamor grup idol nomor satu di Jepang yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto ini tidak saja melanda negara kita, tapi juga negara lain seperti Singapura, China, Taiwan, hingga ke negara Eropa. Sebenarnya apa yang membuat AKB48 begitu populer? Jawabannya adalah karena konsep yang diusungnya, yaitu “idola yang dapat dijumpai setiap hari”. Sejak dibentuk pertama kali pada tahun 2005, para member AKB48 tampil setiap hari di AKB48 Theater di Akihabara untuk menjumpai fans-nya. Mereka tidak saja menghibur fans dengan menyanyi, tapi juga berinteraksi langsung dengan mengadakan sesi jabat tangan di akhir acara. Hal ini tentunya merupakan sebuah gebrakan baru di dunia idol Jepang dimana pakem idol selama ini adalah idol sebagai artis yang sulit dijangkau fans, apalagi mereka terkesan “jaim” dengan menjaga image mereka di hadapan publik. Berbeda dengan AKB48 yang kini dikenal sebagai “kokumin idol” alias idola masyarakat Jepang.
Menyusul kesuksesan AKB48, sang produser Akimoto memutuskan untuk membentuk sister group AKB48 yang berbasis diluar Tokyo, seperti SKE48 (Sakae, Nagoya), NMB48 (Namba, Osaka), dan yang terbaru adalah HKT48 (Hakata, Fukuoka). Tidak sampai disana, kepopuleran AKB48 (dan juga sister group-nya) di beberapa negara Asia mendorong didirikannya AKB48 official shop di Singapura, Taiwan dan Hong Kong. Saat itu pulalah, terbersit dalam benak produser Akimoto untuk membentuk sister group AKB48 di luar Jepang. Dan yang mengejutkan, ia menunjuk Indonesia sebagai negara pertama dibentuknya sister group AKB48 di luar negeri, yang dalam hal ini adalah JKT48 yang berbasis di kota Jakarta.

JKT48
Ditengah-tengah booming K-Pop yang melanda Indonesia belakangan ini, ada sebuah angin segar bagi para pecinta J-Pop di tanah air, yaitu dengan pengumuman akan dibentuknya JKT48. Kabar mengenai JKT48 ini sempat membuat heboh komunitas pecinta Jepang, pasalnya banyak yang mengira kalau JKT48 adalah grup idol lokal yang meniru atau copy cat dari AKB48. Sejumlah forum, blog, hingga situs jejaring sosial mulai menggunjingkan berita tersebut hingga akhirnya Facebook resmi JKT48 mengklarifikasikan bahwa JKT48 adalah sister group resmi dari AKB48, yang diperkuat dengan diluncurkannya website resmi JKT48, serta pemberitaan di berbagai media di Jepang. Proyek JKT48 ini dilaksanakan oleh Dentsu Media Group Indonesia dan MNC Group, dengan pengawasan dari produser Yasushi Akimoto.
Audisi JKT48 diumumkan pertama kali pada minggu keempat bulan Agustus. Peserta yang mendaftar ternyata sangat banyak, yaitu sekitar 1.200 peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Dalam waktu yang cukup singkat, yaitu kurang dari sebulan, akhirnya dipilih 51 finalis yang kemudian dilatih menyanyi dan menari selama satu bulan.

calon-calon anggota JKT48 bersama Leader AKB48, Minami Takahashi (Takamina)

Usai menjalani masa training yang ketat, kelima puluh satu finalis tersebut saling bersaing dalam audisi final yang dihadiri langsung oleh produser Akimoto dan tim AKS pada tanggal 2 November 2011 lalu di hotel Grand Hyatt, Jakarta.
Proses audisi final JKT48 yang dimulai sejak pagi hingga sore hari dihadiri oleh sejumlah pers dari Indonesia dan Jepang. Audisi terbagi menjadi 2 sesi, yaitu audisi tari dan audisi menyanyi sekaligus wawancara dengan para juri yang terdiri dari produser Akimoto dan tim AKS, yaitu perwakilan dari Dentsu Inc dan Dentsu Media Group Indonesia.
Proses audisi berjalan lancar, dan hampir semua peserta bisa menampilkan penampilan terbaiknya walaupun tampak dari raut wajah mereka begitu tegang. Pada saat audisi menyanyi, hampir sebagian besar finalis membawakan lagu Heavy Rotation dari AKB48, baik dalam lirik asli bahasa Jepang, maupun lirik berbahasa Indonesia yang memang khusus diciptakan untuk kelak dinyanyikan JKT48. Ada pula finalis yang mebawakan lagu Aitakatta dari AKB48 dan Rolling Days dari YUI. Sedangkan finalis lainnya membawakan lagu Indonesia dan lagu Barat. Sesi tanya jawab dilakukan langsung oleh produser Akimoto dan tim AKS, dengan pertanyaan seputar sejauh mana para finalis JKT48 mengenal negara Jepang dan AKB48. Tdak banyak finalis yang tahu persis apa itu AKB48, beberapa diantara mereka baru mengenal dan mencari tahu tentang AKB48 setelah mengikuti audisi JKT48. Namun diantaranya ada juga yang sudah menjadi fans AKB48 sejak lama, bahkan finalis yang bernama Ghaida Farisya sanggup mencairkan suasana tegang di ruang audisi saat ia dengan cerianya berujar suka anime/manga dan ingin ke Akihabara membeli barang-barang anime, yang kontan disambut tawa oleh para juri maupun pers yang hadir. Ada pula finalis bernama Rena Nozawa yang merupakan orang Jepang yang tinggal di Indonesia.
Ketika ditanya alasan mengapa ikut audisi JKT48 dan apa yang dilakukan bila terpilih menjadi member JKT48, hampir sebagian besar finalis menjawab ingin mengembangkan bakat agar bisa menjadi penyanyi sekaligus penari terkenal seperti AKB48.
Proses audisi berakhir pada pukul 3 sore, dan selama hampir 2 jam, produser Akimoto dan para juri berembuk untuk menentukan siapa finalis yang akan lolos menjadi member JKT48. Proses pemilihan tersebut berlangsung tertutup untuk pers. Saat itu para wartawan hanya bisa menunggu di luar ruangan hingga akhirnya para finalis keluar ruangan satu-persatu. Para pers ikut terbawa suasana ketika melihat sebagian finalis keluar dengan mata berkaca-kaca, bahkan ada yang menangis terisak-isak karena tidak percaya gagal lolos audisi final. Sementara di belakang mereka, tampak finalis terpilih berkumpul bersama dan berbagi cerita dengan wajah yang gembira.

anggota JKT48 yang telah terpilih bersama Yasushi Akimoto, produser AKB48

Konferensi pers digelar tak lama setelah tim AKS menentukan 28 finalis yang lolos menjadi member JKT48. Sebelum diumumkan siapa saja member yang terpilih, sempat dilakukan sesi pidato dan tanya jawab antara pers dengan Yasushi Akimoto selaku founder dan produser AKB48, Bapak Harris Thajeb dari Dentsu Media Group Indonesia, serta Reino Barack dari MNC Group yang dipandu oleh Rosiana Silalahi yang namanya dikenal sebagai pembawa acara berita, presenter dan jurnalis.
Produser Akimoto sempat bercerita sedikit mengenai konsep dan sejarah terbentuknya AKB48. Ia pun mengaku baru pertama kali datang ke Indonesia dan merasa senang bisa membentuk sister group pertama di luar Jepang. Indonesia ditunjuk sebagai negara pertama sister group AKB48 karena selain kesiapan dari pihak Indonesia, ia juga mendengar laporan dari leader AKB48, Takamina, yang sempat datang ke Jakarta beberapa waktu lalu, bahwa fans AKB48 di Indonesia sangat hebat dan mendesaknya untuk segera membentuk JKT48. “Walau ada perbedaan budaya dan bahasa, saya yakin bisa menyukseskan JKT48. Dengan adanya bencana gempa dan tsunami beberapa waktu lalu di Jepang, saya harap JKT48 bisa memberikan senyumnya pada masyarakat Jepang. Walaupun di Jepang ada bencana, saya bisa melebarkan senyum melalui JKT48 kepada dunia.” Komentar produser Akimoto yang yakin akan keberhasilan proyek JKT48 ini.
Saat ditanya bagaimana caranya berkompetisi dengan adanya booming Korea di Indonesia, ia kembali menjelaskan bahwa sama halnya denganAKB48, JKT48 dan K-Pop idol itu berbeda dilihat dari segi proses. Menurutnya, K-Pop idol ditempa dan dilatih hingga bisa menjadi seorang idol barulah diorbitkan menjadi seorang penyanyi, sedangkan JKT48 yang awalnya tidak bisa apa-apa dipilih untuk debut dahulu, baru dilatih dan ditempa keras hingga bisa menjadi seorang idol. Jadi, para fans bisa melihat proses para member JKT48 dari nol hingga menjadi seorang penyanyi dan penari yang sukses.
AKB48 selalu berubah-ubah dan berevolusi, demikian juga JKT48 nanti. Pada awalnya JKT48 akan dibuat sama seperti AKB48, namun setelah itu mungkin saja bisa berkembang sesuai dengan style Indonesia. Saya belum bisa memastikannya sekarang.” Jelas produser Akimoto pada pers ketika ditanya mengenai hal yang akan diterapkan pada JKT48 supaya bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.
Konten AKB48 sangat fleksibel dan bisa diwujudkan secara global di seluruh dunia. Dilihat dari sisi komersial pun bisa berlangsung lama. Dan yang lebih penting, lewat proyek JKT48 ini diharapkan bisa terjadi pertukaran budaya Jepang dan Indonesia. Kami bertiga akan berusaha membuat JKT48 ini sukses.” Komentar Bapak Reino. Bapak Harris Thajeb sendiri berujar bahwa proyek JKT48 ini didukung oleh Dentsu Media Group Indonesia karena ia melihat potensi musik yang universal dan bisa diterima dengan baik khususnya oleh kawula muda. Mengenai pilihan kota Jakarta sebagai basis JKT48, dikarenakan Jakarta adalah ibukota Indonesia, selain itu juga basis Dentsu berada di kota Jakarta. Ia kembali menekankan konsep JKT48 yang telah dijelaskan oleh produser Akimoto, yaitu idol yang “membumi” yang bisa disapa dan dekat dengan para fansnya. Ia berharap para member JKT48 kelak bisa mencari jati diri dengan melihat potensi diri sendiri dan bertambah percaya diri. “Bukan hanya sekedar wajah cantik dan bisa menari, tapi juga character building, bisa membangun karakter dalam dirinya sendiri.” Ujarnya.
JKT48 tampil untuk pertama kalinya di televisi pada acara musik televisi 100% Ampuh, tayangan langsung Global TV dari Bekasi Square, 17 Desember 2011. Lagu yang pertama kali mereka bawakan adalah Heavy Rotation dengan lirik bahasa Indonesia. Seifuku JKT48 serupa dengan seragam sekolah Jepang yang menjadi ciri khas AKB48. Semoga saja JKT48 bisa membawa angin segar bagi dunia entertain di Indonesia dengan mewujudkan konsep idola yang “membumi”, dan tentunya lewat JKT48 negara kita bisa dikenal oleh fans AKB48 tidak saja di Jepang tapi juga di seluruh dunia.



Anggota JKT48 generasi pertama


Sources :
  • Majalah ANIMONSTER Volume 153 edisi bulan Desember 2011 SIDE B konten "Special Coverage" halaman 6-9
  • http://www.starnostar.com/Yasushi-Akimoto-Info-Real-Name-Yasushi-Akimoto-Bio-Yasushi-Akimoto-Profile-Statistics/11050/Biography/
  • http://www.jepanghariini.com/2011_10_30_archive.html
  • http://tube.7s-b.com/member+profile/
  • http://hobiiku.blogspot.com/p/akb48-x-jkt48.html
  • http://article.d2stationonline.com/?p=120
  • http://www.jepanghariini.com/2011/12/video-liputan-debut-performance-jkt48.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/JKT48
  • http://aramatheydidnt.livejournal.com/2869178.html?thread=175569850
  • http://dirinzuki.blogspot.com/2011/11/jkt48-1st-generation-members.html
  • jkt48.com

No comments:

Post a Comment

kasih komentar yuk